Thursday, April 19, 2012

Ayo berani Bertanya...

           
Banyak orang yang jago dalam berpikir, pandai dalam berkata, dan ahli dalam bersikap. Tak jarang hal tersebut sering mengundang decak kagum bagi masyarakat. Hanya saja, banyak sekali orang yang sulit untuk berkomunikasi di depan umum .Salah satu bentuk berkomunikasi yang sering membuat orang canggung untuk berkomunikasi di depan umum adalah bertanya pada saat mereka berada di depan forum, baik itu sekedar forum diskusi ataupun di forum seminar. padahal bertanya adalah langkah awal yang dapat di gunakan ketika kita ingin menjadi manusia yang kritis pada hal-hal yang menyimpang. Berikut tips sederhana untuk membuat seseorang mampu bertanya dengan baik di depan umum.
1. Jangan berbicara menggunakan pikiran, biarkan hati yang berbicara.
Maksudnya, jangan terpaku pada pokok bahasan yang dibawakan dan arahan yang disusun. Berbicara dengan hati jauh lebih enak dan nyaman dibanding harus berbicara dengan penuh konsentrasi dan memperhatikan gaya bahasa. Orang lebih nyaman mendengar percakapan ketika si pembicara berbicara dalam kondisi bebas dan tidak dipaksakan..
2. Perluas pengetahuan
Perluas pengetahuan maksudnya adalah perbanyak informasi dalam memproses materi agar ketika ingin bertanya anda dapat dengan mudah membentuk kalimat pertanyaan. Karena pertanyaan yang berbobot dapat muncul ketika anda memiliki informasi lebih dari materi tersebut.
3. jangan terpaku pada isi materi
Ketika anda terpaku pada isi materi maka pertanyaan yang akan tercipta hanya sebatas materi yang di bahasakan oleh sang pemateri. Cobalah lebih mengeksplor pemikiran anda, cobalah membuat pertanyaan di luar materi yang di sampaikan oleh pemateri namun harus tetap behubungan dengan materi yang menjadi topik pembahasan
4. jengan cepat menerima jawaban dari pemateri
Usahakan untuk tidak sependapat dengan pemateri agar proses bertukar pikiran dapat terjalin dengan baik, karena dengan menyanggah jawaban pemateri maka pemateri akan lebih mengeksplor wawasannya agar anda dapat sependapat dengannya
5. kreasikan seluruh kata tanya
Ketika anda sedang buntu dalam membuat pertanyaan, cobalah mengkreasikan kata tanya dengan judul materi, maka dengan sendirinya anda akan mendapatkan inspirasi untuk bertanya.
6. hubungkan dengan realita
Dalam membuat pertanyaan yang berbobot usahakan anda selalu menghubungkan materi yang sedang di bahas dengan realita yang terjadi, sehingga anda dapat dengan mudah mengaplikasikannya pada kehidupan nyata.

            Itulah beberapa tips dalam bertanya yang bisa saya bagi dengan pembaca , mudah-mudahan dapat membantu anda dalam memperoleh informasi saat menerima materi….

1 comments: